Uxiliary Power Unit (APU) adalah sebuah
perangkat pada kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain
propulsi. Mereka biasanya ditemukan pada pesawat besar, serta beberapa
kendaraan darat besar.
Fungsi Utama
APIC APS3200
APU for Airbus 318, 319, 320, and 321
Tujuan utama
dari APU yang terdapat pada pesawat adalah untuk memberikan kekuatan pada saat
memulai mesin utama. Turbin
mesin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk
memberikan kompresi udara yang cukup untuk membuat mesin dapat beroperasi
secara mandiri. Mesin jet yang lebih kecil biasanya dimulai oleh sebuah motor
listrik, sedangkan mesin yang lebih besar biasanya dimulai oleh sebuah motor
turbin udara. Sebelum mesin dihidupkan, APU dihidupkan, umumnya oleh baterai
atau hidraulik
akumulator. Setelah APU berjalan, ia menyediakan tenaga (listrik, pneumatic,
atau hidraulik, tergantung pada desain) untuk memulai mesin utama pesawat.
APU juga
digunakan untuk menjalankan aksesoris pesawat lainnya saat mesin pesawat
dimatikan. Hal ini memungkinkan kabin pesawat menjadi nyaman bagi penumpang,
sebelum mesin pesawat dihidupkan. Daya listrik digunakan untuk menjalankan
sistem untuk preflight checks. Beberapa APU juga dihubungkan ke pompa
hidraulik, yang memungkinkan kru untuk mengoperasikan peralatan hidraulik (seperti
flight
controls atau flap) sebelum memulai mesin
propeler/turbin jet engine. (HAP)
Auxiliary Power Unit(APU) adalah sebuah perangkat pada kendaraan yang
menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. APU biasanya dipasang pada pesawat
besar, serta beberapa kendaraan darat besar. Pesawat APU umumnya menghasilkan
115V pada 400 Hz (bukan 50/60 Hz pasokan listrik), untuk menjalankan sistem
listrik pesawat, selain itu dapat menghasilkan 28V DC. APU juga dipasang pada
kapal-kapal angkatan laut. APU dapat memberikan listrik melalui sistem tunggal
atau 3-fase.
Tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk starting engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distarting oleh sebuah motor listrik, sedangkan engine yang lebih besar biasanya distarting oleh motor turbin udara. Sebelum engine bergerak, APU pada umumnya distarting oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya (listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine utama pesawat.
APU juga
digunakan untuk menjalankan aksesori pesawat lainnya pada saat engine
mati. Hal ini memungkinkan kabin menjadi nyaman saat penumpang naik
pesawat sebelum engine dinyalakan. Listrik digunakan untuk menjalankan sistem
saat preflight check. Beberapa APU juga dikoneksikan ke pompa hidrolik,
memungkinkan kru mengoperasikan peralatan hidrolik (seperti Flight control atau
flaps) sebelum engine dinyalakan. Fungsi ini dapat juga digunakan, pada
beberapa pesawat, sebagai cadangan pada saat terbang atau sistem hidrolik
rusak.
Bagain-bagian utama engine APU sebagai berikut :
-difusser
-Compresor
-Combution
-gearbox
(Sumber : wikipedia dan ada beberapa dari web lain)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar