Selasa, 04 April 2017

Cara Kerja Engine Turbofan dan Spesification Engine CFM56-5b



Cara Kerja Mesin Jet Turbofan
Mesin jet bukanlah hal yang asing di telinga kita. Ketika mendengar kata tersebut, bayangan pesawat terbang tiba-tiba muncul. Mesin jet memang dekat dengan industri pesawat terbang. Semua pesawat terbang, mulai dari pesawat tempur hingga pesawat komersil. Meski pesawat terbang bukanlah hal yang asing, namun tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara kerja mesin jet pesawat terbang. Ada 3 macam mesin jet yang telah dikenal oleh dunia, yaitu turbojet, turboprop dan turbofan.




 








Mesin turbojet merupakan cikal bakal mesin turbofan. Mesin ini pada mulanya digunakan oleh pesawat terbang. Seiring perkembangan teknologi, mesin turbojet dan mesin turboprop kini telah sepenuhnya digantikan oleh mesin turbofan yang lebih efisien. Bisa dikatakan jika mesin turbofan merupakan penyempurnaan dari mesin jet generasi sebelumnya.

Secara umum, ketiga mesin jet tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut ini:
  Mesin turbojet memiliki daya dorong mesin yang paling kuat, namun memiliki kelemahan yaitu boros bahan bakar. Biasanya engine ini digunakan pada pesawat tempur.
  Mesin turboprop memiliki kelemahan kecepatan dan kemampuan mesin yang terbatas. Mesin turboprop hanya dapat digunakan setinggi 25 000 feet. Itulah kenapa mesin turbofan dikembangkan.
  Mesin turbofan menjawab kelemahan yang ada pada generasi sebelumnya. Mesin ini cocok dipakai oleh pesawat komersial yang melihat dari kebutuhan karena irit dibandingkan mesin turbojet, dan memiliki kemampuan dorong yang besar dibandingkan mesin turboprop.


 
Mesin turbofan pada umumnya terdiri atas kipas (baling-baling) dan mesin turbojet. Udara yang masuk akan melewati baling-baling menuju mesin turbojet. Udara tersebut digunakan untuk menggerakan kipas, sisanya dibakar sebagai penggerak (daya dorong). Untuk lebih detail mengenai cara kerja mesin jet dapat dijelaskan sebagai berikut:
  Udara masuk melewati blade yang disebut dengan low pressure compressor atau disingkat LPC. Dari sini, udara akan melewati blade yang lebih kecil yang disebut dengan high pressure compressore atau HPC sehingga tercipta udara dengan bertekanan tinggi,
  Udara kemudian masuk ke mesin pembakaran. Setelah diberikan ignition  hingga suhu naik, udara kemudian disemprot dengan bakar bakar. Proses pembakaran ini akan meciptakan udara berekspansi dan menghasilkan daya dorong..
   Terjadi perubahan energi, dari energi kinetik menjadi energi mekanik. dikarenakan energi dorong ini akan menggerakan high pressure turbin atau HPT yang terhubung langsung dengan HPC yang di tandai dengan warna ungu pada gambar di atas. udara akan kembali menggerakan low pressure turbin atau LPT yang juga terhubung langsung dengan LPC yang di tandai dengan warna hijau pada gambar diatas. Kemudian energi diring ini keluar dan menjadi thrust pada pesawat.

  Daya dorong yang dihasilkan dari pembakaran hanya 25 persen saja. Sisanya berasal dari dorongan blade (LPT) sekitar 75 persen. Tempat blade sengaja dibungkus oleh chasing tertentu untuk memusatkan aliran udara, sehingga mesin turbofan menjadi lebih irit bahan bakar.


Specifications CFM56-5b
General characteristics
  • Type: Twin-spool, high-bypass turbofan
  • Length: 98.7 in (2.5 m)
  • Diameter: 61 in (1.55 m) (fan)
  • Dry weight: 5,216 lb (2,366 kg) (dry)
Components
  • Compressor: Single-stage fan, 3-stage low-pressure compressor, 9-stage high-pressure compressor
  • Combustors: annular
  • Turbine: Single-stage high-pressure turbine, 4-stage low-pressure turbine
Performance
maksud bypass ratio  mengartikan jumlah udara yang masuk ke ruang pembakaran ( primer air) dan udara yang hanya melewati mesin (secondary air). pada spesifikasi mesin cfm56 bypass ratio 5,5:1 yang mengartikan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran sekitar seperlima dari udara yang masuk ke mesin, atau dapat dipresentasekan sekitar 20%. sedangkan udara sisanya hanya sekedar melewati mesin langsung menjadi trust sekaligus sebagai pendingin mesin. 

pressure ratio mengartikan peningkatan tekanan udara yang dihasilkan kompresor. 32,8kali tekanan dari udara sebelumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesawat R80 Buatan Indonesia Yang Canggih Di Kelasnya Karya BJ.Habibie

            PT Regio Aviasi Industri (RAI), PT Ilthabi Rekatama, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan PT Eagle Capital milik BJ Habibie aka...